Jumat, 21 Juni 2013

Fungsi Lensa Cekung dan Cembung

Lensa Cekung dan Cembung
Lensa Cekung dan Cembung
Fungsi Lensa Cekung dan Cembung
 Lensa adalah benda transparan yang dibatasi oleh dua bidang lengkung atau dibatasi oleh satu bidang lengkung dan satu bidang datar. Contoh: lensa kacamata, lensa mata dan lain-lain.
Lensa menggunakan sifat pembiasan cahaya dan efek kelengkungan permukaannya. Pembiasan pada lensa bergerak dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat. Medium yang kurang rapat adalah udara, dan medium yang lebih rapat adalah lensa.
Sifat lensa antara lain:
1.  Lensa cembung atau konveks bersifat mengumpulkan sinar.
2.  Lensa cekung atau konkaf menyebarkan sinar.
Apabila ada sinar yang datang menuju lensa, maka yang terjadi adalah pembiasan. Ada 2 jenis lensa yaitu lensa cembung dan cekung. Lensa cembung adalah lensa yang mengumpulkan sinar (konvergen) sebaliknya lensa cekung adalah lensa yang menyebarkan sinar (divergen). Sifat dari bayangan lensa cembung sama dengan bayangan di cermin cekung, sedangkan untuk lensa cekung sifat bayangannya sama dengan cermin cembung. Perhitungan yang dipakai pada lensa sama dengan cermin. Jalannya sinar di lensa hampir sama dengan cermin, perbedaannya terletak di pusat lensa. Berikut jalannya sinar di lensa cekung.
Lensa dan alat optik
Ada 3 sinar istimewa pada lensa cekung :
  • Sinar yang datang sejajar dengan sumbu x, akan dibelokkan ke titik fokal yang ada di sisi sumber sinar datang.
  • Sinar yang datang ke pusat lensa akan diteruskan tak berhingga.
  • Sinar yang datang ke titik fokal sisi bersebrangan dengan sumber sinar  akan dibelokkan sejajar dengan sumbu x.
Ada 3 sinar istimewa pada lensa cembung :
  • Sinar yang datang sejajar dengan sumbu x, akan dibelokkan ke titik fokal yang ada di sisi bersebrangan dengan sumber sinar datang
  • Sinar yang datang ke pusat lensa akan diteruskan tak berhingga.
  • Sinar yang datang ke titik fokal dari sisi yang sama dengan sumber sinar datang akan dibelokkan sejajar dengan sumbu x.

1 komentar: